6 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Berkarya di Redbubble.com

Posted on

Owkeh.. mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai cara jual karya desain di redbubble.com. Yang belum tau rebubble.com mungkin perlu digaris bawahi bahwa redbubble adalah platform berkonsep bisnis POD ( Print On Demand ), jadi ini sangat berbeda dengan platform desain affiliate ataupun microstock. Sebelum kita mulai cuap-cuapnya ada baiknya coba kamu lihat statistik pengunjung redbubble melalui semrush:

1.Grafik pengunjung Redbubble

Sampai artikel ini dibuat, redbubble tercatat punya 4 juta pengunjung lebih perbulannya. Itulah sebabnya om admin lebih menyarankan untuk kamu yang baru mau memulai berkarya di platform POD, redbubble adalah website yang paling tepat untuk starting.

Ngga bisa dipungkiri apasih yang buat kita semangat ketika mamulai berkarya dibisnis ini ? Earning.. itu jawabanya hehe… ngga sedikit temen-temen yang baru mulai tapi akhirnya harus kandas ditengah jalan karena sangat sedikit atau bahkan nyaris ngga ada sale untuk desainnya.

Jadi basi nih pembahasannya.. “semua butuh proses dan kesabaran” cia elah.. basi kan.. Nah oleh karena itu dengan jumlah pengunjung sebanyak itu akan memungkinkan desain-desain kita banyak dilihat orang, dan berujung sale deh.. amin…

Inget bukan berarti platform POD yang lain sepi pengunjung ya, namun menurut penelusuran om admin ya redbubblelah yang memiliki grafik pengunjung terbanyak.

2.Penyebab akun redbubble suspend.

Buat kamu yang baru memulai berkarya di redbubble, penting nih diinget bahwa website yang satu ini sering banget mensuspend atau menutup akun para artisnya. Bukan tanpa alasan, hal ini diambil oleh menejemen redbubble untuk eksistensinya dalam menjual karya independent.

3.Akun Redbubble suspend karena Copyright

Copyright atau hak cipta memang rentan banget nih cui, jadi yang perlu kita perhati’in adalah setiap karya yang kita upload, jangan sampai berbau copyright. Contoh: di redbubble banyak banget fans anime yang pengen dapetin merchandise anime kesayangannya tapi dengan design yang tergolong langka, nah biasanya banyak artis redbubble yang ngemanfa’atin situasi ini dengan membuat karya-karya yang disukai sama fans anime tadi. Ada kemungkinan desain seperti ini akan cepat tingkat penjualannya, tapi cepat atu lambat akan menyebabkan akun suspend kalo kamu belum paham banget ngebedain mana yang kena copyright apa engga.

4. Akun Redbubble suspend karena plagiat

Cari duit secara singkat, mungkin masih jadi acuan andalan bagi para pendulang $$ di internet. Nah hal yang seperti ini juga banyak ditemuin di redbubble, gambar main comot di google, pinterest, dll, modif dikit, or bahkan langsung upload di redbubble. Akun-akun seperti ini akan langsung digolongkan menjadi spammer dan pastinya bakalan di kick out.

Okeh nanti kita bakal bahas di postingan khusus mengenai suspend-suspendnan ya.. sekarang lanjut dulu.

Kenapa ko’ diawal om admin udah ngebahas soal suspend? Karena pertanyaan seputar suspend paling banyak muncul entah di forum, group member etc. Itulah kenapa om admin tekenin banget buat kamu yang mau memulai redbubble hindarin banget 2 faktor diatas tadi. Karena kalau sudah suspend akan sangat sulit untuk bisa berkarya lagi di redbubble.

Jadi upayakan karya kamu adalah karya yang original dan tidak mengandung hak cipta brand atau katarakter tertentu ya.. Sebagai acuan ngga ada salahnya coba kamu tengok jenis-jenis desain Featured Artists yang ada di homepage redbubble.

5. Produk terlaris di redbubble.com

Menurut pengalaman dan beberapa pembahasan di forum. T shirt, sticker, dan phonecase masih menduduki produk teratas penjualan redbubble. Tapi selama desain kamu menunjang untuk semua produk, yah ngga ada salahnya untuk tetep dimaksimalin available disetiap produk.

Redbubble sendiri menyediakan fasilitas pembayaran melalui paypal, jadi pastikan kamu sudah punya akun paypal sebelum mulai ya..

6. Setting presentase keuntungan

Untuk setiap besaran royalti dari setiap desain yang terjual, kamu bisa atur sendiri berapa besarannya, untuk defaultnya redbubble meberikan keuntungan bagi artisnya sebesar 20%. Nah kalo om admin sendiri om setting sebesar 30% untuk semua produk, dan 80% untuk sticker.

Karena sticker nilai jualnya ngga mahal per itemnya jadi om admin gedein deh presentase keuntungannya, matre ya hehe… Dengan menaikkan presentase keuntungan otomatis bakalan menaikkan harga produk itu sendiri, karena ngga mungkin pihak perusahaan mau nurunin cost produksinya. Tapi sepengalaman om admin, tetep ok ko’ penjualannya. Apalagi kalo desain kamu mumpuni, pasti ngga pikir panjang tuh buyer buat ngebeli desain kamu.

Walaupun mayoritas buyer berasal dari US, tapi tetep ada juga ko pembeli dari luar US, seperti Eropa, Canada, dan Australia. Nah untuk setiap penjualan, redbubble pasti akan mengirimkan notification ke email kamu setiap ada produk yang terjual, sekaligus ngasih tau berapa besaran fee yang kita dapat, contohnya kaya’ gambar diatas.

Oh iya yang belum tau sejarah redbubble nih, mereka memang berkembang pesat di US, tapi asal muasal perusahaan ini berdiri di Australia. Jadi wajar kalau juga banyak pembeli dari Australia. Bisa dibilang mungkin Australia negara kedua dengan penjualan terbanyak setelah US.

Mudah-midahan artikel ini ngebuka sedikit gerbang pengetahuan untuk berkarya di rebubble.com, Kalo ada pertanyaan atau masukan bolehlah komen dibawah cui.. makasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *