Wallpaper society6

Lewat Online, Cari Duit dari Hobi Nggambar, Ngelukis atau Photography

Posted on

Punya hobi atau passion kaya judul diatas, jangan cuma dipendem aja bakatmu.. apalagi udh berkarya tapi dibiarin jamuran diPC.. kali aja jodoh setelah baca lengkap coret-coretan ini. Inget ya baca yang lengkap biar plong… lanjuut..!!

Okey jadi gini, sekarang ini udah banyak platform yang nyediain sarana buat para artis / seniman menjual karyanya seperti foto, lukisan atau gambar ke konsumen tanpa harus ada transaksi secara langsung. Tinggal upload, jika ada yang membeli karya kita otomatis platform / website tadi bakalan kasih konfirmasi kekita bahwa karya kita terjual, begitulah kurang lebih mekanismenya. Atau yang lebih sering disebut Royalti.

Cara Upload gambar di society6
Contoh Etalase Produk yang setelah kita uplad gambar kita

Inget ya kita disini bukan jual produk, melainkan produk yang terjual dengan design yang kita buat / upload, maka kita sebagai artis / seniman berhak untuk mendapatkan royalti / komisi dari penjualan tersebut. So.. penjualan karya kita tadi ngga terbatas penjualannya selama ada yang beli, selama itu pula royalti akan terus masuk ke celengan hehe..

Model bisnis seperti ini sering juga disebut POD ( Print On Demand ), hanya saja jaman dulu POD hanya terbatas produk t-shirt. Nah kalau sekarang udah banyak banget nih varian produknya, kaya gambar diatas atau dibawah ini.

Produk Bed room society6
Etalase Produk

Masih bingung? Okey coba kita ulas sedikit disalah satu platform ya.. contohnya ini aja deh society6.com, platform ini punya produk macem2 dari mulai aksesoris, fashion, merchandise, sampai interior.

Produk Interior di society6

Nah gambar- yang diupload di postingan ini kita ambil dari platform society6, cuma sebagai sample aja, karena ada beberapa platform serupa yang bakalan kita kupas tuntas juga nantinya.

aksesoris society6

Kamu tinggal upload gambar atau foto dalam format JPG / PNG tergantung platformnya, pasti ada keterangannya di form uploadnya ko’ jadi ngga usah khawatir.

cara upload gambar disociety6

Bentuk karya yang seperti apa yang bisa kita jual ? Ngga pake basa-basi kamu bisa langsung baca detail postingan yang ini. Maklum takut jadi terlalu panjang lebar kalo digabung disini.

Cara menerima bayaran dari desain ?

Nah gimana nih cara kita menerima pembayaran dari royalti karya kita tadi ? Kalo platform lokal jelas nanti dibagian profile kita tinggal masukin nomer rek Bank, untuk transfer pembayarannya.

Untuk platform luar ya berarti kita harus punya akun / rek pembayaran online yang bisa mencakup pembayaran internasional, yang paling familier dan yang masih setia dari dulu om admin pake ya paypal.com. Dari paypal nanti duit yang masuk tinggal kita withdraw / tarik ke Bank lokal. Proses withdraw dari paypal ke rek Bank biasanya butuh waktu 2-3 hari kerja. Tapi yang jelas pasti aman dan lancar jaya.

Untuk seluk beluk paypal ngga usah dijabarin disini ya, kamu tinggal googling aja ko’ banyak tutorialnya. Yang jelas paypal nanti akan membutuhkan verifikasi melalui karti keredit dan Rek Bank Lokal milik kita, ya bisa dibilang rek Bak onlinelah.

Daftar dimana aja sih untuk bisa mulai jual karya?

Pertanyaan cakep nih, nah lumayan kan kalau kita bisa upload 1 gambar ke beberapa platform / website. Yup tiap-tiap platform punya konsep yang beda-beda, dan punya konsumen yang mungkin seleranya beda juga walaupun pada intinya sama. So.. lumayan kan kalau karya kita tadi bisa maksimal terjual karena mejeng di banyak website.

Nah kamu langsung aja baca disini, udah kita jabarin lengkap dimana aja kita bisa joint untuk jual karya / design.

Okey, mudah-mudahan coretan ini bisa sedikit ngasih penerangan tentang gimana cari duit dari berkarya tapi males keluar rumah. Sejauh ini om admin masih fokus untuk platform luar, untuk lokal masih sebatas iseng aja. Padahal banyak juga lho yang mendulang banyak rupiah dari platform lokal. Eh tenag aja.. Link diatas tadi juga kita kita ulas ko’ untuk platform / website lokalnya.

Kalo buat om admin yaitu.. konversi dolarnya $$ atas rupiah itu cui.. ngga nahan.. Ngga ding yang jelas karena kita mau ikut membangun bangsa ini dengan mandiri, cari duit di negeri kulon ngabisinnya disini hehe.. malah ngelanturkan.. yowes see u to the next post ya.. suwun.. terimakasih.. salam rockstar..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *