Gitar Listrik Pilihan Para Gitaris Ternyata cuma 3 Tipe, Apa aja sih ?

gitar listrik ibanez RG

Banyak tipe dari gitar elektrik atau yang kita kenal dengan nama populer gitar listrik, dimana pemilihannya menyesuaikan kebutuhan dan selera dari pemain gitar itu sendiri atau bisa kita simpulkan adalah karateristik gitar. Tapi tau ngga kalau sebenarnya dari sekian banyak jenis gitar elektrik sudah bisa terwakilkan oleh tiga jenis gitar dibawah ini.

Pada dasarnya kebutuhan dan selera gitaris pada gitar elektrik terletak pada tekhnik penggunaan, sound, dan kenyamanan, jadi semua kembali ke personal masing masing gimana mau menentukannya, pada kasus dibawah ini saya berusaha untuk njabarin sesuai jenis dan merk yang familier ya, ok langsung aja:

  1. Ibanez RG or greather.

gitar listrik ibanez RG

Pasti kenal dong sama merk gitar yang satu ini.. yup gitar pabrikan asal jepang ini sangat populer terutama bagi para gitaris bergendre rock, bahkan banyak gitaris top yang jadi brand ambasador dari merk gitar ini sebut aja, Joe Satriani, Steve Vai, Paul Gilbert, Dll. DI Indonesia sendiri ada Pay, Andra, Coky Netral, dan masih banyak lagi deh..

Untuk tipe gitarnya sendiri saya menyarankan untuk memilih yang tipe RG keatas. Agar kebutuhan feel and sound yang kita inginkan bisa terpenuhi.

Gitar ini punya 24 fret sehingga kita bisa sampai nada tertinggi pada gitar. Jangan lupa untuk memastikan gitar yang kita pilih adalah gitar yang bertremolo updown, kalau kita suah mengenal handling dalam bermain gitar kita nanti akan tahu apa fungsi dari tremolo ini,

– Untuk tipe RG keatas biasanya dilengkapi dengan pickup humberker. Dengan tremolo updown dan pickupnya yang humberker karakter gitar ini cocok banget buat kamu yang suka mainin musik rock. Ada beberapa merk gitar sejenis yang memiliki karakteristik yang mirip, sepeti: Jackson, EMP, Kramer, DLL.

  1. Fender Stratocouster

gitar listrik Fender Stratocouster

Fender Stratocaster adalah gitar pertama yang menampilkan tiga pickup danspring tension vibrato system. Bentuk tubuh Stratocaster yang ramping dan berkontur (secara resmi disebut oleh Fender sebagai “Comfort Contour Body” .

Dimulai pada tahun 1954, Stratocaster berbodi padat, sangat berkontur, leher maple 21-fret one-piece dengan inode black dot, dan mesin tuning Kluson. Stratocaster dilengkapi dengan pickup singlecoil dengan lima pegas tremolo. Kita bisa menggerakkan handle tremolo yang terpasang di bridge ke atas atau ke bawah untuk memodulasi nada nada yang sedang dimainkan, biasanya termolo stratocaster mendukung untuk modulasi ke nada rendah tidak seperti updown yang bisa naik atau turun. Hank Marvin,  Jeff Beck, dan Ike Turner menggunakan tremolo Strat secara ekstensif dalam permainan mereka. Kini Stratokaster modern dilengkapi dengan tiga pegas sebagai opsi terbaik.

Isapa aja sih Gitaris yang lekat banget sama gitar ini? buanyak.. sebut saja Stevie Ray Vaughan , David Gilmour , Rory Gallagher , Mark Knopfler , Bob Dylan , Scott Thurston , Ronnie Wood , John Mayer , Ed King , Jimi Hendrix , Eric Clapton, dan Robert Cray

Buat saya sound clean dari jenis gitar ini paling top markotop, jadi kalau kamu mau dapetin feel yang clean and distorsi yang aga cranchi saya sarankan untuk memilih gitar ini. cuma saran ya..

Sebenarnya fender juga masih punya tipe yang ga kalah oke yaitu Fender Telecaster, karakter gitar ini ga jauh beda dari saudaranya stratocouster tapi itu akan kembali kepada selera masing2.

Untuk Indonesia memang belum ada brand ambasador untuk stratocouster, tapi ternyata ada gitaris satu-satunya dari Indonesia yang jadi brad ambasador dari Telecaster, ngga lain do’i adalah Eros Candra Sheila on7.

  1. Gibson Lespaul

gitar listrik Gibson Lespaul

Gitar ini termasuk klasik secara model, soundnya pun klasik kalau menurut saya, tapi disitulah kelebihan dari gitar ini.. Slash, Paul McCartney, Joe Perry, Gary Moore adalah gitaris kondang signature dari beberapa tipe Gibsons Lespaul. Buat kamu yang suka ngulik2 musik blues gitar ini cocok banget nih, ya.. gitar ini memang tidak dilengkapi tremolo, jadi jangan harap bisa main handle untuk modulasi nada, tapi untuk tekhnik bending uwih.. empuk, gurih dan lejaaat…

Untuk gitar yang satu ini harganya amsyong.. bikin kantong tongpes bro.. tapi pabrikan Ginsons sendiri yaiti Epiphone memproduksi gitar serupa yang dikasih nama “Epiphone’ pastinya dengan harga yang lebih bersahabat, kalau karakter gitar ya 11 12 lah sam gibsons secara mereka diproduksi dalam satu asuhan,, hanya saja kalau bicara so’al selera ya pasti beda tentunya..

Nah itulah kurang lebih penjelasan dasarnya. Mungkin penjelasan di atas kurang mendetail tapi jangan salah karena pada akhirnya kita menentukan gitar elektrik yang pas, apalagi untuk pertama kalinya ya pasti harus head to head sama gitar itu sendiri..

So.. kalau menurut saya dari sekian jenis gitar elektirk yang beredar di seantero jagat raya ini, secara general karakteristiknya sudah bisa diwakilkan oleh 3 tipe gitar ini, kalau kamu mau karakter yang lebih sesuai, yah tinggal menyesuaikan aja dengan gitar yang tipenya lebih spesifik. Terimakasih udah baca2.. Salam Rocstar..

Bolehlah isi coment dibawah jika ada usulan atau pertanyaan, Jangan lupa.. Like & Share Brosis akan membahagiakan kami dan membantu orang2 diluar sana yang membutuhkan informasi ini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*